MANTAPPU JIWA BY JEROME POLIN

 MANTAPPU JIWA BY JEROME POLIN

Youtuber satu ini memang top dan kece karena energi yang dia sebar sangat positif dan memotivasi orang lain. Dalam bukunya, saya bisa membaca betapa taatnya dia kepada Tuhan, kerja keras dan pantang menyerah, serta saya bisa analisis kalau dia sangat rendah hati dari caranya memilih kata.

Keinginan saya untuk S2 ke luar negeri membuncah lagi setelah membaca buku Jerome. Pantang menyerah, bersungguh-sungguh, dan terus berdoa adalah yang terus ia tekankan di sini. Jerome ingin ke Disneyland, sedangkan saya ingin naik balon udara di Kapadokia. Mohon aminkan, saya ingin kuliah S2 di Leiden.

Bagi orang yang sedang kurang motivasi dalam belajar, sangat saya anjurkan untuk membaca buku ini. Walau di judulnya ada tulisan latihan soal matematika, tapi buku ini tidak hanya untuk itu. Bahkan, saya sama sekali tidak menyentuh dan membaca soal matematikanya karena saya alergi angka—bercanda, but saya memang lemah dalam hitung-hitungan. Jadi, boleh banget dibaca semua orang walau tidak pandai matematika. Sangat bagus dan cocok untuk dibaca para pelajar yang ingin mengejar impiannya. Tetap semangat, termasuk saya!

Here, I write good quotes from this book.

1.      Aku tahu mimpiku layak dibayar sebegitu tinggi, oleh keringat dan kerja keras. Aku tahu mimpiku layak diperjuangkan, dan tidak ada yang bisa memperjuangkannya selain oleh diriku sendiri.

2.     Aku percaya kita bisa bertanggung jawab atas hal kecil, kita juga bisa bertanggung jawab atas hal lebih besar. Tetapi, jika kita tidak bisa bertanggung hawab atas hal kecil, kita tidak akan bisa bertanggung jawab atas hal yang lebih besar.

3.      Pada awalnya, kita membuat mimpi. Tapi setelah itu, mimpi yang akan membuat kita.

4.      Believe you can, and you are halfway there.

5.      Aku sadar belajar nggak akan pernah ada ruginya. Kalau pun kita tidak bisa menggunakan ilmunya saat ini, bukan mustahil kita akan membutuhkannya di masa yang akan datang.

6.      Belajar, yang gila belajarnya.

7.      Sukses pada waktu yang Tuhan sediakan.

8.      It doesn’t matter how slowly you go as long as you do not stop. (Oleh Konfusius)

9.    Bahaya dan kesalahan yang paling besar bukanlah ketika kita memasang target yang terlalu tinggi lalu kita gagal, tapi ketika memasang target yang terlalu rendah dan kita berhasil.

10.  Karena hidup hanya sekali, dan mati hanya sekali, mari kita berbuat sebaik-baiknya, supaya kita hidup sebaik-baiknya, dan mati sebaik-baiknya.

Comments

Popular Posts